Warga Lubukpakam Sumatera Utara Ditemukan Terlantar di Kota Bengkulu

  • Bagikan

Bengkulu, AnantaNews – Kondisi lesu, linglung dan tak terawat tampak terlihat dari salah satu warga yang terlantar di trotoar Jalan Semangka Raya, Kelurahan Panorama Kota Bengkulu. Melihat kondisinya tersebut banyak warga yang prihatin dan berinisiatif untuk membantu menanganinya dengan melaporkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

Setelah mendapat informasi dari warga dan telah tersebarnya di grup whatsapp Pemkot peduli, Walikota Bengkulu Helmi Hasan langsung meminta Lurah, Camat dan Kadis Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk meninjau lokasi dan melihat keadaan warga tersebut.

Dari laporan di lapangan, sempat mendapat informasi bahwa warga tersebut mengalami masalah kejiwaan. Walaupun begitu, pihak Pemkot tetap memperlakukan ia secara manusiawi, hingga akhirnya warga tanpa identitas ini dibawa ke Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) (31/12/2020).

“Alhamdulillah, sampainya di RSHD wanita ini dilayani dengan baik oleh perawat. Dari mulai disuapi makan, dimandikan hingga diberikan baju ganti. Penanganan pertama pun dilakukan dengan baik setelah ia diantarkan,” jelas Helmi.

Ditempat yang berbeda, Direktur RSHD dr Lista Cherlyviera mengungkapkan bahwa dari komunikasi dari perawat, wanita ini bernama Zuraidah umur 50 tahun, berasal dari Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

“Bagi yang mengenal bu Zuraidah tolong informasikan kepada keluarga, kerabat atau perkumpulan keluarga Lubuk Pakam. Sebab sampai saat ini belum ada keluarga yang datang. Mohon informasi ini disebarluaskan agar ia bisa berkumpul dengan keluarganya kembali,” tutur dr Lista.

Selanjutnya, apabila tidak ada kabar dari keluarga, Zuraidah nantinya akan ditangani lebih lanjut oleh pihak Dinsos dan Perkim untuk membantu mencarikan solusi dimana Zuraidah akan tinggal. (Ed/Pko)

 

  • Bagikan