Sekda Hamka Sabri Resmi Sebagai Plh Gubernur Bengkulu

  • Bagikan

Bengkulu, AnantaNews – Dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah, SE, periode 2016-2021 pada 12 Februari 2021, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Bengkulu.

“Pemerintah Provinsi telah menerima telegram dari Mendagri soal penunjukan saya sebagai Plh Gubernur Bengkulu. Untuk surat keputusan aslinya kemungkinan hari ini diterima,” kata Hamka (11/2/2021).

Hamka menjelaskan penunjukan Plh tersebut, karena masa jabatan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah 2016-2021 akan berakhir pada hari ini Jumat (12/2/21).

Adanya pejabat Plh Gubernur ini agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan di Pemprov Bengkulu. Pasalnya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu terpilih sendiri, belum bisa dipastikan waktunya. Apalagi, lanjutnya saat ini proses Pilkada sendiri masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia juga mengungkapkan bahwa jika merujuk agenda persidangan di MK, pembacaan ingkrar putusan terkait sengketa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dalam Pilkada 2020 akan diputuskan pada 25 Maret 2021 mendatang.

“Sembari menunggu putusan sengketa di MK selesai, pemerintah provinsi juga menunggu jadwal resmi dari Presiden, karena pelantikan gubernur dan wakil gubernur Bengkulu nanti akan dilantik langsung Presiden,” tutupnya. (Ed/Prv)

 

  • Bagikan