Pemkot Akan Bentuk Program BPJS Gratis Untuk Masyarakat Kota Bengkulu

  • Bagikan

Bengkulu-Anantanews.com  Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi meyerahkan secara simbolis bantuan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dari Baznas Kota Bengkulu, di masjid Agung At Taqwa Kelurahan Anggut, Selasa (14/06/22).

Hadir Staf Ahli Zuliyati, yang mewakili Kajari Bengkulu, perwakilan kepala kemenag Kota Bengkulu, ketua pengadilan agama, pimpinan bulog, dan Kabid IKP Diskominfo Nugroho.

Di waktu dan kesempatan yang sama Baznas Kota Bengkulu juga menyalurkan jaminan biaya hidup (jadup), modal usaha, voucher sunatan massal bagi kaum dhuafa, dan yatim piatu.

Dalam sambutannya, Dedy Wahyudi menjelaskan tentang rencana program Pemkot Bengkulu ke depan yakni BPJS gratis untuk seluruh warga Kota Bengkulu yang biayanya ditanggung atau diambil alih oleh Pemkot Bengkulu.

Penjelasan dari wawali ini membuat beberapa Ibu-ibu penerima ZIS yang hadir menangis haru. Seperti dituturkan Yesi, warga Kelurahan Kebun Dahri.

“Alhamdulillah pak kalau memang benar akan ada BPJS gratis. Saya tidak punya BPJS mandiri karena tidak mampu membayarnya. Jadi sangat bersyukur kalau ada program BPJS gratis, Alhamdulillah,” ungkap Yesi.

Ada juga Ibu-ibu yang mengaku pernah punya BPJS mandiri tapi sudah tidak aktif lagi karena menunggak 5 tahun sejak suaminya kecelakaan dan meninggal.

Dedy menyebut bahwa tujuan dari program ini dilakukan karena sebagai bentuk perhatian pemkot bekerjasama dengan baznas untuk membahagiakan masyarakat.

“Walikota dan wawali sangat ingin membahagiakan warga. Karena kami punya visi misi mewujudkan Kota Bengkulu yang religius dan bahagia. Hari ini, ada warga yang kita berikan bantuan bentuk jadup perbulan. Yang berhak mendapatkan para janda-janda tua dan miskin,” jelas Dedy.

Dedy mengatakan, walikota dan wawali dalam membahagiakan masyarakat bukan hanya memberikan bantuan atau santunan saja. Tapi juga akan buatkan BPJS gratis untuk seluruh warga Kota Bengkulu yang tidak mampu.

Sementara itu, Ketua BazNas Kota Bengkulu Habib Abdurrahman Alkaff menyampaikan total ada 1.500 warga Kota Bengkulu yang menerima ZIS dan jadup.

Ia menyebutkan bahwa sebelumnya saat menjelang HUT Kota Bengkulu ditambah dengan memasuki Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri, Baznas telah menyalurkan bantuan sebanyak 8.600 warga Kota Bengkulu di seluruh kecamatan di Kota Bengkulu.

Ternyata, dari 8.600 tersebut beberapa kelurahan masih ada yang ketinggalan. Oleh karena itu,bagi yang belum mendapatkan bantuan, akan diberikan atau diselesaikan hari ini.

“Setiap hari Baznas selalu membuka pintu untuk melayani warga yang butuh bantuan asalkan sesuai dengan kriteria. Inilah misi kita untuk menciptakan masyarakat Kota Bengkulu jangan sampai ada yang tidak bahagia, tentu bantuannya sebatas kemampuan kita. Semoga bermanfaat dan membuat kita banyak bersyukur dan semakin dekat dan taat dengan perintah Allah,” demikian Habib.

  • Bagikan