Operasi Lilin Digelar 21 Desember 2020 – 4 Januari 2021

  • Bagikan

Bengkulu, AnantaNews – Amankan Natal 2020 dan tahun baru 2021, Polda Bengkulu mengerahkan ratusan personel gabungan dalam pelaksanaan operasi Lilin Nala 2020 tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Operasi Lilin Nala tersebut resmi digelar yang dipimpin Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs. Teguh Sarwono, M.Si., Senin (21/12/2020).

Amanat Kapolri dibacakan Kapolda Bengkulu, menyampaikan agar mengedepankan kegiatan Premitif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Aziz, M.Si mengatakan, pengamanan dan kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan tanggung jawab bersama, maka yang terlibat pada operasi lilin merupakan tim gabungan, baik Polri, TNI dan sipil dari berbagai instansi, dengan jumlah total secara nasional mencapai 191.807 personil.

Kapolri menjelaskan, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung Under Estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, dan kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan Klaster klaster baru penyebaran Covid – 19.

Kapolri dalam amanatnya menekankan yang harus diantisipasi antara lain Ancaman Terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi pengrusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti Curat, Curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.(Ed/Tbn)

  • Bagikan