Gubernur: SMK Agribisnis Dangau Datuk Bengkulu Bisa Jadi Model

  • Bagikan

Bengkulu, AnantaNews – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan Taman Belajar Techno Park dan ruang kelas baru SMK Agribisnis Dangau Datuk yang berlokasi di Jalan Lintas Air Sebakul Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti serta melepas ayam kalkun dan kelinci sebagai tanda dibukanya taman belajar yang terbuka bagi lembaga pendidikan lainnya.

Selain taman di kawasan seluas 7 hektar ini juga terdapat beberapa bangunan yang disebut Dangau, tempat praktek siswa SMK Agribisnis mengolah produk menjadi barang jadi.

Diantaranya Dangau Industri, Dangau Jamur, Dangau Boga, Dangau Kriya dan Dangau Busana. Hasil praktek siswa saat ini telah dipasarkan secara online dan melalui kios oleh-oleh.

Gubernur mengapresiasi pusat kegiatan belajar yang didirikan mantan Bupati Kabupaten Kaur Hermen Malik ini. Menurutnya model pendidikan seperti ini merupakan wadah belajar yang sesungguhnya. Dengan sebutan taman membuat anak-anak nyaman dan mampu mengeksplorasi kemampuan diri.

Dengan model pendidikan seperti ini ilmu yang didapat siswa bisa langsung dipraktekkan sehingga diharapkan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

“Kita apresiasi, bisa jadi ini akan menjadi model. Diknas saya minta berikan support agar nanti bisa menjadi benchmark pembanding bagi lembaga pendidikan lain,” ujar Gubernur (17/12/2020).

Sementara itu dijelaskan pendiri taman belajar Dangau Datuk, Hermen Malik konsep pendidikan di SMK Agribisnis ini melibatkan seluruh panca indra. Jika di sekolah umumnya para siswa hanya mendengar penjelasan di kelas, di sini para siswa langsung memperaktekan pelajaran sehingga bukan hanya tahu teori namun juga paham penerapan ilmunya.

“Kita mendirikan sekolah yang modelnya langsung ke terapan langsung mengerjakan tidak hanya berteori,” jelasnya.

Hermen juga mengundang sekolah lain dari tingkat PAUD hingga Menengah Atas untuk memanfaatkan Taman Belajar Dangau Datuk bersama sama.(Ed/Prv)

  • Bagikan