2021, SPAM Regional Kobema Beroperasi

  • Bagikan

Bengkulu, AnantaNews – Tindak lanjut pelaksanaan salah satu Program Strategis Nasional (PSN), yaitu pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kobema (Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Seluma) dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Sekda Provinsi Bengkulu, Sekda Kota Bengkulu, Sekda Bengkulu Tengah dan Sekda Seluma.

Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, mengatakan PKS ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani sebelumnya antara Gubernur Bengkulu, Walikota Bengkulu, Bupati Bengkulu Tengah dan Seluma. Sehingga proyek SPAM Regional Kobema ini bisa dirampungkan dan bisa mulai beroperasi pada 2021 mendatang.

Lanjut Hamka Sabri, diharapkan dengan beroperasinya SPAM Regional ini, kebutuhan akan air bersih masyarakat Kota dan sekitarnya bisa terpenuhi secara baik.

“Ini khusus pelayanan kepada masyarakat untuk kebutuhan dasar air bersih. Pemerintah tidak memikirkan untung tapi bagaimana masyarakat bisa terlayani dengan baik,” pungkasnya (30/12).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah/ Bina Marga Bengkulu Daniel Kuddi Sangle mengatakan, lelang proyek pembangunan IPAL dan Pipa Distribusi Air akan dimulai paling lambat pada April 2021.

“Ini menjadi multi years kontrak dengan nilai proyek sekitar 500 milyar rupiah. Diharapkan finalisasi SPAM Regional ini bisa beroperasi dengan baik di pertengahan tahun depan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Sekda Kota Bengkulu Bujang HR, menyambut baik pembangunan SPAM Regional tersebut.

“Kami Pemkot Bengkulu menyambut baik SPAM ini, apalagi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Bengkulu tergolong tinggi,” ungkapnya.(Ed/Prv)

  • Bagikan